NASKAH ULU KULIT KAYU LUBUK SEPANG

Wahyu Rizki Andifani

Abstract


Naskah merupakan sebuah hasil karya tangan manusia yang dilakukan dengan cara menulis, yang isinya mengenai kehidupannya sehari-hari, baik itu mengenai perilaku terhadap manusia lain, terhadap alam dan terhadap Tuhan sang pencipta. Tulisan ini membahas tentang isi dan pesan yang terkandung dalam naskah kulit kayu atau kaghas yang ingin disampaikan oleh para leluhur. Tujuannya untuk mengetahui isi dan pesan yang terkandung di dalam naskah itu. Sedangkan sasaran yang hendak dicapai yaitu untuk diketahuinya isi dan pesan yang terkandung dalam naskah tersebut. Pengumpulan  data dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut: observasi lapangan, wawancara untuk mencari tahu sejarah, setelah data terkumpul, dilakukan analisis data baik itu analisis deskriptif (penjelasan tentang keadaan naskah) dan dilakukan juga analisis untuk mengetahui isi naskah dengan metode filologi. Berisikan mengenai kehidupan pada zaman dahulu yang pesan moralnya sangat berguna untuk generasi penerus, baik itu tentang bercocok tanam, mantra-mantra atau rajah yang digunakan dalam berburu atau bercocok tanam, dan peringatan-peringatan kepada semua orang agar berhati-hati dalam melakukan segala hal, sehingga mereka terhindar dari bencana yang mengancam jiwa.


Keywords


Naskah; Filologi; Kehidupan

Full Text:

PDF

References


Ardika, Andhifani, Wahyu Rizky. 2013. "Aksara dan Naskah Ulu Bengkulu." dalam Peradaban di Pantai Barat Sumatra (Perkembangan Hunian dan Budaya di wilayah Bengkulu), 286-297. Yogyakarta: Ombak, 2013.

Andhifani, Wahyu Rizky. 2014. Survei Prasasti dan Naskah Ka-Ga-Nga Kabupaten Lebong dan Kabupaten Redjang Lebong Provinsi Bengkulu. Laporan Survei Arkeologi. Palembang: Balai Arkeologi Sumatera Selatan (tidak diterbitkan)

Andhifani, Wahyu Rizky. 2016. Laporan Survei Prasasti dan Naskah Ulu Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur dan Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Palembang: Balai Arkeologi Sumatera Selatan (tidak diterbitkan)

Baroroh, Siti. 1994. Pengantar Teori filologi. Yogyakarta: Badan Penelitian dan Publikasi Fakultas (BPPF) Seksi Filologi, Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada

Igama, Ahmad Rapanie. 2008."Tradisi Naskah Ka-Ga-Nga." In Majalah Kebudayaan Musi Terus Mengalir. Palembang, Edisi April

Kalsum, Nyimas Umi. 2016. Budaya Beratib di Palembang: Studi Kasus Naskah Lama Ratib samman di Masa Kini. Disertasi, Palembang: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Muhardi. 2009. Pengelolaan Koleksi Naskah Ka-Ga-Nga di Museum Negeri Bengkulu. Tesis. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Padjajaran (tidak diterbitkan)

Mulyadi, Sri Wulan Rujiyanti. 1994. Kodikologi Melayu di Indonesia. Depok: Lembar Sastra Fakultas Sastra Universitas Indonesia (Edisi Khusus)

Sarwono, Sarwit dan Nunuk Juli Astuti. 2003. Penyusunan Katalogus Naskah-Naskah Ka-Ga-Nga di Indonesia Sebagai sarana Meningkatkan Apresiasi dan Pengkajian Terhadap Naskah Ka-Ga-Nga. Laporan Penelitian. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu (tidak diterbitkan)

Sedyawati, Edi. Satra Melayu Lintas Daerah. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2004.

www.kbbi.web.id/kala (accessed April Selasa, 11, 2017)

www.kbbi.web.id/naskah (accessed April Selasa, 11, 2017)

www.kbbi.web.id/rajah (accessed April Selasa, 11, 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.24832/siddhayatra.v22i1.62

Copyright (c) 2017 Siddhayatra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© Balai Arkeologi Sumatera Selatan. Siddhayatra
(e-ISSN : 2598-1056 p-ISSN : 0853-9030)
Powered by OJS.

Designed by Hafidhir Rahman.