Arkeologi Makam Sultan Muhammad Ali Ternate, Maluku Utara

A Mujib Ali

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggambarkan tinjauan arkeologis makam Sultan Muhammad Ali yang memerintah Ternate pada awal abad ke-19. Makam Sultan Muhammad Ali terletak tidak jauh dari Kedaton dan Masjid Tua Kesultanan Ternate. Nisannya terbuat dari batu berukuran tinggi 150 cm berhiaskan inskripsi nama dan tahun sebagai monumen yang menjadi penanda eksistensi Sultan Muhammad Ali. Gambar hati terletak antara inskripsi nama dan tahun, serupa gambar hati lambang kesultanan, menyiratkan hubungan erat antara yang dimakamkan dengan Kesultanan Ternate. Sultan Muhammad Ali semasa hidupnya mempunyai perhatian yang cukup besar dalam hal agama Islam dengan membangun Masjid sebagai simbol agama dan Istana yang megah sebagai simbol kerajaan, pada masa pemerintahannya status kesultanan menjadi bagian dari kerajaan Belanda dengan traktat yang ditandatanganinya bersama Belanda, praktis hanya urusan dalam negeri dan keagamaan yang menjadi wewenang kesultanan. Bentuk nisan yang sangat jauh berbeda dengan dengan nisan lainnya serta peletakannya ditempat yang cukup tinggi memperlihatkan posisi seorang pemimpin yang dijunjung tinggi semasa hidupnya

Keywords


Ternate; Archaeology; Headstone; Sultan Muhamad Ali

Full Text:

PDF

References


Ambary, Hasan Muarif. Ed: Jajat Burhanuddin. 2001. Menemukan peradaban; Jejak Arkeologis dan Historis Islam Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Amal, M. Adnan. 2010. Kepulauan Rempah-rempah: Perjalanan Sejarah Maluku Utara 1250-1950 (Edisi Kedua). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

BPS Kota Ternate. 2012. Kota Ternate dalam Angka; Ternate City in Figures. Ternate: BPS Kota Ternate

Seksi Urais Kemenag Kota Ternate. Data Pemeluk Agama Kota Ternate tahun 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.24832/siddhayatra.v20i2.81

Copyright (c) 2015 Siddhayatra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

© Balai Arkeologi Sumatera Selatan
(e-ISSN : 2598-1056 p-ISSN : 0853-9030)
Powered by OJS.

Designed by Hafidhir Rahman.